Jakarta - Berkunjung ke pantai yang sepi dan anti mainstream, pasti seru banget. Namun bertualang ke sana butuh kiat-kiat khusus.

Berwisata ke pantai memang menjadi salah satu destinasi yang sering dikunjungi saat liburan maupun hanya menghabiskan waktu saat weekend. Namun, beberapa pantai mungkin sudah sering dikunjungi atau mainstream.

Menemukan alternatif liburan pantai yang anti mainstream bisa menjadi pilihan, yang berbeda. Disusun detikTravel, Kamis (7/4/2016) berikut adalah tips berwisata ke pantai anti mainstream:

1. Kumpulkan informasi online

Kemudahan mencari informasi via internet memberikan banyak keuntungan antara lain mencari hal baru termasuk pantai-pantai yang anti mainstream! Kamu bisa membuka situs detikTravel untuk info paling update soal destinasi.

Kamu juga mengunjungi travel blog atau forum bisa menjadi sumber yang seru  untuk mendapatkan informasi. Di sana juga ada interaksinya yang bisa ikut disimak untuk informasi tambahan

2. Bertanya ke penduduk lokal

Bosan menjadi turis? Mengapa tidak merasakan menjadi penduduk lokal untuk beberapa hari?

Menikmati kebiasaan penduduk lokal dan mencari tahu lebih banyak mungkin bisa menjadi pengalaman yang tak terlupakan saat travelling ke pantai. Siapa tahu mereka punya informasi soal pantai yang masih sepi yang tidak biasa dikunjungi banyak orang.

3. Pastikan kendaraan dalam kondisi prima

Jika baru pertama kali ke pantai yang jarang dikunjungi, ada baiknya untuk menggunakan motor bukan mobil. Ini karena akses jalan yang biasanya masih buruk.

Namun, motor pun harus dengan kondisi prima. Cek kondisi kendaraan dan pastikan bahan bakar terisi penuh untuk menghindari hal-hal yang dapat menganggu saat travelling.

4. Berangkat lebih pagi dari biasanya

Jalan yang belum diketahui sebelumnya dapat sedikit memakan waktu perjalanan. Jika berangkat lebih pagi, waktu berwisata akan lebih lama dan menyenangkan. Jangan sampai berwisata dengan perasaan terburu-buru ya, travelers!

5. Harus ekstra hati-hati

Kondisi pantai yang jarang dikunjungi wisatawan biasanya belum memiliki standar pengamanan yang cukup memadai. Titik bahaya berenangnya belum jelas, perbukitan untuk melihat pemandangan pun tak punya pagar.

Ada baiknya untuk bertanya kepada penduduk setempat dan menjaga perilaku agar tidak terjadi hal yang diinginkan. Bagaimana, sudah siap untuk menikmati pantai yang berbeda? (aff/aff)
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: